Fasila Anista Blog

Humanistik Blogger

Review Fitur Terbaru IPOT, Wujudkan Belajar Saham Mudah Tanpa Registrasi

Review Fitur Terbaru IPOT

Beberapa hari yang lalu, saya mendapat beberapa informasi seputar investasi pasar modal, di mana ada berbagai macam yang dibahas, seperti reksadana, saham, saham syariah, dan sebagainya.

Selama ini saya memang belajar saham secara otodidak melalui konten-konten yang disediakan di media sosial. Setelah itu, saya tiba-tiba mendengar informasi mengenai sebuah aplikasi bernama IPOT dari beberapa kenalan yang pernah menggunakan aplikasi tersebut.

Sebagai mahasiswa yang bahkan sama sekali belum pernah terjun ke dunia investasi seperti ini merupakan hal yang cukup challenging. Tapi saya percaya dengan pepatah berikut ini: “Biarkan uang yang akan mengalir kepada kita, bukan kitanya yang bersusah payah mencari uang.”

Lantas, saya pun memberanikan diri untuk mencoba aplikasi IPOT dan mulai dengan mencoba dua fitur terbarunya untuk belajar saham yang baru dirilis Juni lalu yaitu Simulasi Investasi dan IPOT Buzz.

Uniknya, kedua fitur tersebut bahkan bisa diakses tanpa registrasi loh! Oleh karena itu, saya akan merangkum penjelasan selama menggunakan kedua fitur tersebut untuk Anda yang masih ragu untuk mulai berinvestasi di dunia pasar modal.

Praktik Langsung Investasi Melalui Fitur Simulasi Saham

Fitur Simulasi Investasi IPOT

Hal pertama yang paling membingungkan saat pertama kali melakukan investasi adalah mengetahui tata cara yang tepat dalam melakukan transaksinya sekaligus modal yang terbatas.

1. Menggunakan Dana Virtual

Fitur simulasi investasi ternyata mampu mengatasi permasalahan tersebut. Sebab fitur ini merupakan simulasi dengan dana virtual yang dapat membantu seseorang seperti saya untuk coba berinvestasi tanpa khawatir harus menelan kerugian.

Di fitur inilah saya tidak perlu mengeluarkan modal mulai dari ratusan ribu, juta, hingga puluhan atau ratusan juta untuk bisa mencoba berinvestasi layaknya nyata ataupun uji ombak strategi investasi sebelum benar-benar di diterapkan.

2. Informasi Real Time

Apalagi, data dan informasi yang muncul saat melakukan transaksi semuanya adalah real time sesuai kondisi pasar modal aslinya di waktu yang bersamaan.

Jadi latihan yang dilakukan sudah representasi nyata layaknya melakukan investasi saham sesungguhnya.

3. Sarana Belajar Saham Secara Komprehensif

Bagi saya adanya fitur simulasi yang disediakan di IPOT ini, sangat membantu siapapun untuk dapat langsung menyempurnakan wawasan teori yang sudah didapatkan sebelumnya mengenai saham, gratis dengan praktikal.

Jadi siapapun memiliki kesempatan yang sama untuk belajar saham dengan fitur tersebut dengan lebih menyeluruh.

4. Informasi yang Lengkap

Seperti mengakses versi investasi sesungguhnya di IPOT, para pengguna termasuk saya juga dapat mengakses informasi dengan jelas dan lengkap di fitur simulasinya, seperti fitur Chart yang memfasilitasi analisis teknikal yang digunakan untuk melihat pergerakan saham.

Ada pula Broker Summary yang menampilkan ringkasan informasi historis broker pembeli dan broker penjual sekaligus untuk saham dan periode waktu tertentu.

Bahkan IPOT menghadirkan juga AI Trending yang menampilkan saham-saham yang sedang trending dalam 4 durasi, yakni Live (real time), 15 menit, 30 menit dan 1 hari, dengan pilihan cerdasnya mulai Value, Frequency, Gain K100, Loss K100, Gain All dan Loss All.

Fitur trending ini tentu bukan sekadar saham-saham yang trending begitu saja, tetapi merupakan hasil dari olah kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

Semua fitur dan informasi ini bahkan juga bisa diakses dengan mudah tanpa perlu melakukan registrasi sama sekali.

Memang, setiap investasi memiliki risiko masing-masing, dan terkesan kompleks karena setiap perusahaan memiliki karakteristik saham tersendiri.

Namun, bagi Anda sebagai pembelajar saham pemula, jangan khawatir, karena IPOT telah menyediakan solusinya melalui fitur simulasi investasi ini.

Jadi, Anda sebagai calon investor yang masih awam dapat meningkatkan skill berinvestasi dengan lebih baik lagi dan tidak perlu takut lagi terhadap risiko kerugian yang akan dialami kedepannya.

Kenapa Harus Melakukan Simulasi Investasi di IPOT?

Ingatlah, bahwa berinvestasi saham bukanlah suatu tugas yang ringan, dibutuhkan pemahaman yang mendalam mengenai dunia saham yang kompleks sehingga Anda akan terhindar dari risiko kerugian yang besar.

Selain itu, Anda dapat melakukan latihan investasi tanpa perlu mentransfer modal terlebih dahulu, sehingga Anda bisa belajar dari kesalahan simulasi dan mencoba strategi berbeda tanpa merugikan keadaan finansial yang sebenarnya.

Bahkan dengan fitur ini juga Anda juga akan diarahkan memasuki dunia pasar saham realtime yang sebenarnya, sehingga Anda dapat memahami perubahan harga saham yang dapat berpengaruh pada portofolio saham Anda kelak.

Informasi dan Rumor Saham Terbaru dengan Fitur IPOT Buzz

fitur IPOT Buzz

Selain dapat melakukan simulasi investasi secara mandiri, saya juga mencoba fitur IPOT Buzz.

Pada dasarnya, IPOT buzz merupakan forum investasi dengan sesama investor ataupun para ahli investasi supaya bisa saling terhubung, berdiskusi dan berbagai informasi satu sama lain seputar informasi pasar modal terbaru di Indonesia.

Selain itu, siapa tahu Anda akan mendapatkan informasi ter-up-to-date dan terkini terkait berbagai saham yang lagi hits, dan Anda dapat langsung mensimulasikannya sebelum berinvestasi secara nyata.

Tidak hanya itu saja, fitur ini juga menyediakan pilihan kanal kategori serta layanan filter untuk dapat menyortir informasi sesuai dengan kategori maupun bahasan spesifik yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

Tak lupa, IPOT Buzz ternyata juga menghadirkan kanal Ahli yang dapat membantu siapapun untuk terhubung langsung dengan para ahli dan memantau postingan maupun wawasan yang dibagikan.

Bahkan nama seperti Raditya Dika, Melvin Mumpuni, hingga RIvan Kurniawan turut meramaikan fitur ini juga dan sering berbagi tips, trik dna pengalaman mengenai investasinya.

Kesimpulan

Demikianlah review dua fitur fitur terbaru yang disediakan aplikasi investasi bernama IPOT, semoga dapat memberikan gambaran bagi Anda semuanya selaku calon investor untuk berinvestasi tanpa kenal kerugian yang besar.

Apalagi, kedua fitur ini bisa diakses tanpa melakukan registrasi sama sekali. Jadi siapapun kini bisa belajar saham dengan lebih efisien dan menyeluruh.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk #PakeAjaDulu aplikasi IPOT dan bersiap-siaplah untuk mendapatkan pengalaman belajar saham terbaik dengan mudah. Ayo download aplikasinya sekarang!