Fasila Anista Blog

Humanistik Blogger

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Bayi Rewel Malam Hari

bayi rewel malam hari

Bayi rewel malam hari tentu saja membuat para orang tua gelisah. Meskipun menangis merupakan salah satu cara bayi mengungkapkan kesedihannya, tapi seringkali menangis malah membuat orang tua kebingungan. Apalagi pada malam hari yang semestinya digunakan untuk istirahat tetapi jika sang buah hati rewel hal ini membuat orang tua sangat tidak tenang dan kewalahan.

Nah pada artikel kali ini, kami akan mengulas apa saja yang menyebabkan bayi rewel saat malam hari serta beberapa cara yang bisa orang tua lakukan untuk mengatasinya.

Penyebab Bayi Rewel Malam hari

Jika bayi menangis pada malam hari bisa jadi karena beberapa alasan sebagai berikut:

Kolik

Penyebab bayi menangis pada malam hari yang pertama adalah Kolik. Kolik pada bayi biasanya diketahui dengan bayi menangis keras dengan durasi yang panjang, bahkan bisa lebih dari tiga jam dalam satu hari. Tangisan Kolik biasanya berkaitan dengan gangguan pencernaan. Tapi bisa juga menjadi tanda bahwa bayi sedang sensitif.

Lapar

Saat bayi lapar pada malam hari, biasanya bayi akan menangis disertai tanda memasukkan tangan ke dalam mulut atau gerakan mengisap bibirnya.

Masalah Gas

Penyebab bayi rewel yang ketiga adalah masalah gas yang membuat bayi merasa tidak nyaman dan sakit. bayi mungkin mengalami kembung karena terlalu cepat atau terlalu lambat dalam menyusu. Jika bayi menggeliat atau menarik kakinya, bisa jadi bayi sedang merasa tidak nyaman.

Fase purple crying

Fase purple crying adalah fase ketika bayi akan lebih sering menangis dan sulit ditenangkan walaupun tidak ada alasan yang jelas.

Cara Mengatasi Bayi Rewel pada Malam Hari

Membuat bayi tenang tentu bukan hal yang mudah, apalagi bagi orang tua baru. Namun orang tua tidak perlu khawatir. Nah berikut adalah beberapa cara untuk menenangkan bayi yang menangis pada malam hari.

Lakukan kontak kulit

Menggendong bayi dan mengusap punggung bayi serta meneangkan dengan mengelus bayi, bayi cenderung akan lebih tenang.

Sendawa

Bersendawa setelah menyusui membantu memisahkan gas dan mengeluarkan gas melalui kerongkongan dan keluar dari mulut.

Jalan-jalan

Perubahan lingkungan kadang juga mempengaruhi perubahan suasana hati bayi serta ritme berjalan sering kali merupakan terapi yang baik.

Tenangkan dengan suara

Musik dan suara yang tenang dalah cara lainnya untuk menenangkan bayi yang rewel pada malam hari sebaiknya ibu memaikan berbagai jenis musik dan bernyanyi.

Selain hal-hal di atas, cara membuat bayi berhenti menangis adalah dengan membuat bayi nyaman dari pakaiannya. Pakaian dan popok yang tidak nyaman juga dapat mengganggu waktu tidur si kecil, sehingga membuat bayi rewel malam hari.

Maka dari itu orang tua bisa memastikan tuk memakaikan pakaian yang untuk bayi dan menggunakan popok yang nyaman, tidak mudah bocor dan tidak menimbulkan ruam. Salah satu pilihan terbaiknya adalah popok Merries. Dengan bahan dan teknologi terbaiknya, Merries bisa menciptakan kenyamanan untuk si kecil, termasuk menjadikan tidurnya terasa nyenyak.

List Blog Keren Rajabacklink