Fasila Anista Blog

Humanistik Blogger

Memahami Apa Penyebab Haid Tidak Lancar Lebih Dini

Penyebab Haid Tidak Lancar

Setiap wanita pasti mengalami yang namanya menstruasi di setiap bulan secara rutin. Menstruasi yang normal, hadir selama waktu 21 hari sampai 38 hari. Di luar dari waktu itu, maka sudah termasuk kategori menstruasi yang tidak normal atau siklusnya kacau.

Penyebab haid tidak lancar kadangkala terjadi karena faktor tertentu atau sedang mengidap sebuah penyakit. Tentunya dengan memahami apa saja penyebab haid yang siklusnya kacau lebih awal, akan membuat Anda tahu cara untuk mengatasinya. Yang tidak lancar dipengaruhi oleh produksi sel telur dan juga hormon dimana volume haid lebih sedikit atau dan berlangsung dalam durasi waktu yang lama.

Penyebab Haid Tidak Lancar

Berikut ini berbagai penyebab haid tidak lancar yang wajib Anda pahami sejak dini.

Hormon Prolaktin

Pertama, hal yang menyebabkan menstruasi tidak lancar dipengaruhi oleh hormon prolaktin. Produksi hormon prolaktin meningkat ketika anda sedang menyusui. Penyebab lainnya mengapa hormon prolaktin naik juga karena penyakit ginjal dan tumor kelenjar pituitari di otak.

Hormon prolaktin dapat mempengaruhi kinerja hormon estrogen dan progesteron sehingga bisa saja menyebabkan keterlambatan menstruasi pada wanita.

Terjadi Menopause Dini

Menopause dini atau pre menopause terjadi 2 sampai 8 tahun, sebelum menopause. Pada fase ini kemungkinan anda akan lebih sering mengalami haid yang tidak lancar dengan berbagai gejala lainnya seperti sering berkeringat, sulit tidur, vagina kering dan mengalami gangguan.

Wanita memasuki masa menopause di usia 45-55 tahun dan untuk fase perem menopause di usia 40 tahun kebawah. Menopause adalah kondisi di mana pelepasan sel telur berhenti yang akan membuat menstruasi lambat dan nantinya berhenti selamanya.

Sakit Kronis

Beberapa sakit kronis dapat memicu haid yang tidak lancar seperti sakit diabetes yang di mana kondisinya adalah kadar gula darah jauh naik. Saat diabetes, gula darah tidak stabil yang dapat membuat perubahan hormon terjadi dan mengganggu siklus menstruasi.

Selain diabetes ada juga penyakit celiac yang membuat saluran cerna menjadi terganggu. Celiac terjadi karena gangguan penyerapan nutrisi yang membuat peradangan dan kerusakan usus kecil. Pada kondisi ini wanita juga kerap mengalami menstruasi bermasalah dan diare serta dehidrasi.

Sindrom PCOS

Sindrom disebut juga dengan sindrom ovarium polikistik yang bisa membuat haid menjadi tidak lancar. Sindrom kelainan hormon pada wanita ini, membuat Anda lebih banyak memproduksi hormon androgen pria. Jadi secara otomatis haid tidak lancar dan keluar sedikit karena wanita tidak alami ovulasi.

Dikarenakan tidak melepaskan sel telur setiap bulan maka haid jauh lebih sedikit dan kondisinya bisa diperparah dengan munculnya jerawat, pertumbuhan rambut lebih dan juga obesitas.

Alami Stres

Apakah anda salah satu orang yang mengalami stress berlebih? Stress berlebih dan berkepanjangan bisa membuat haid tidak lancar dan jika keluar juga cenderung sedikit. Saat stress maka wanita tidak bisa melepas sel telur dan menjadi penyebab haid tidak lancar namun bisa dikontrol dan dicegah.

Jika siklus haid Anda terganggu karena stress, maka bisa perbaiki keadaan dan hilangkan stresnya dengan berbagai kegiatan maupun terapi. Selain itu dukung juga agar stress benar-benar hilang dengan pola hidup yang sehat seperti konsumsi buah dan sayur, olahraga dan tidur cukup.

Itu tadi berbagai alasan yang menjadi penyebab haid tidak lancar. Untuk yang sedang mengalami haid dengan kondisi siklus kacau, maka sebaiknya kunjungi dokter spesialis agar kondisi ini, bisa diatasi dengan baik. Ketika sedang menstruasi, maka pilih pembalut terbaik untuk membuat kenyamanan dan keamanan. Anda tentunya bisa memilih produk pembalut terbaik di Indonesia yaitu Charm.

List Blog Keren Rajabacklink